DETAIL DOCUMENT
Kelayakan LKPD Berorientasi Strategi Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Dwi Mei Silvia (STUDENT ID : 19030194014)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-01 01:21:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berorientasi strategi Self Regulated Learning (SRL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi titrasi asam basa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar soal pretest dan posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan tes. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) beracu pada metode Borg and Gall yang memiliki dua tahapan, yaitu tahapan studi pendahuluan dan tahapan pengembangan. Desain uji coba yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil penelitian, skor validasi diperoleh 4 dan 5 dengan kriteria valid dan sangat valid. Skor kepraktisan antara 94.44 - 100% dengan kriteria sangat praktis diperoleh dari angket respon peserta didik, dan skor keefektifan dari hasil pretest-posttest peserta didik yang dianalisis menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai sig (2 tailed) 0.000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi Strategi Self Regulated Learning (SRL) dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Stategi Self Regulated Learning (SRL), Titrasi Asam Basa, dan Hasil Belajar Peserta Didik.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya