Abstract :
Peserta didik sebagai generasi yang akan menjadipenerus perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan kemajuanteknologi informasi termasuk tantangan pada aspek karier. Namun, dari beberapapenelitian terdahulu diketahui bahwa masih banyak peserta didik di sekolahmenengah yang belum memiliki perencanaan karier yang matang. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai teknik modeling dalammembantu permasalahan karier pada peserta didik tingkat sekolah menengahmelalui layanan bimbingan karier. Metode yang digunakan dalam penelitian iniialah studi kepustakaan. Data literatur pada penelitian ini diperoleh daribeberapa laman seperti Google Scholar, Sinta Ristekbrin, dan GarudaRistekbrin. Jumlah data literatur yang terpilih pada proses akhir penyortiranialah 20 literatur. Selanjutnya, literatur yang telah terpilih dianalisismenggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian ini, tersusunkajian mengenai teknik modeling dalam membantu masalah karier pada pesertadidik sekolah menengah melalui layanan bimbingan karier dengan merujuk padadata literatur berupa artikel jurnal ilmiah yang disortir sesuai fokuspenelitian meliputi prosedur penggunaan teknik modeling, jenis teknik modeling,serta keefektivan teknik modeling dalam layanan bimbing karier pada pesertadidik sekolah menengah.