DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Arif Budi Astomo (STUDENT ID : 19010644071)
(LECTURER ID : 0002096907)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2023-09-01 01:23:41 
Abstract :
ABSTRAKPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASARNama : Arif Budi AstomoNIM: 19010644071Program Studi: S-1Jurusan: Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas: Ilmu PendidikanNama Lembaga: Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dr. Hendratno, M.Hum.Pendidikan Bahasa Indonesia harus didukung oleh proses pembelajaran yang kondusif. Kerhasilan pemahaman siswa berhubungan dengan semakin tingginya tingkat penguasaan serta pemahaman materi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stixk pada siswa kelas V Sekolah Dasar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Lokasi penelitian di SDN Milangasri 1 Magetan. Populasi yang digunakan siswa kelas V SDN Milangasri 1 Magetan, dan sampelnya kelas VA dan VB. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sedangkan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman dan variabel kontrolnya guru kelas eksperimen dan kelas kontrol, materi teks nonfiksi, indikator soal yang digunakan untuk soal pretest dan postest. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibiltas. Analisis hasil menggunakan uji normalitas, uji N-gain ternormalisasi, dan uji independent sample t test.Hasil uji hipotesis (independent sample t test) menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ho ditolak atau ada pengaruh penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi teks nonfiksi kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji N-gain menunjukkan rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas kontrol memperoleh skor 0,60 yang termasuk kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh skor o,54 yang termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi teks nonfiksi kelas V dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa lebih baik. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya