DETAIL DOCUMENT
Survei Minat Siswa Terhadap Pendekatan Permainan Kucing-Kucingan pada Pembelajaran Sepakbola di Kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
M. ALAMUL HUDA (STUDENT ID : 19060464159)
(LECTURER ID : 0028105803)
Subject
Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan 
Datestamp
2023-09-04 17:06:20 
Abstract :
Pendidikan jasmani adalah komponen penting dari kurikulum pendidikannasional karena mempromosikan gaya hidup sehat, aktivitas fisik, danpertumbuhan dan perkembangan pikiran, tubuh, sosial, dan sistem emosional.Pendidikan jasmani sering digambarkan sebagai proses mengajar siswa dengantujuan mengembangkan kemampuan gerakan siswa melalui aktivitas fisik sepertiolahraga dan permainan. Pendidikan jasmani terdapatmateri permainan sepakbola, permainan sepakbola merupakan olahraga tim yangdimainkan oleh dua tim dengan memakai bola kulit, setiap tim masing-masingmemiliki sebelas pemain, salah satunya berperan sebagai kiper. Permainan ini dapat dilakukan denganmenggunakan semuaanggota tubuh kecuali lengan, yang boleh menggunakan lengan hanyalah penjagagawang. Pendekatan permainan kucing-kucingan adalah upaya untuk meningkatkanminat belajar siswa terhadap pembelajaran sepakbola. Pendekatan permainankucing-kucingan adalah bentuk permainan dengan skema pemain membentuk lingkaranatau bentuk lainnya dengan menempatkan satu atau dua pemain di tengahnya untukbertugas merebut bola yang dimainkan oleh pemain yang membentuk lingkaran ataubentuk lainnya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasilbesaran minat siswa terhadap pendekatan permainan kucing-kucingan padapembelajaran sepakbola. Penelitian ini memakai jenis penelitian deskriptifkuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secaralangsung kepada responden dengan skala likert. Hasil penelitianmenunjukkan minat siswa terhadap pendekatan permainan kucing-kucingan padapembelajaran sepakbola di kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya berkategori tinggidengan nilai rata-rata 165,58 atau sebesar 77%. Kemudian besaran minat siswaterhadap pendekatan permainan kucing-kucingan pada pembelajaran sepakbola dikelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya dari jumlah yang mengisi angket sebanyak 277siswa, yang tergolong minat sangat tinggi sebanyak 119 siswa atau sebesar 43%,yang tergolong minat tinggi berjumlah 135 siswa atau sebesar 48%, yangtergolong minat sedang berjumlah 22 siswa atau dengan persentase 7,9%, dansiswa yang tergolong minat rendah berjumlah 1 siswa atau sebesar 0,4%,sedangkan siswa yang tergolong minat sangat rendah tidak ada. Minat siswaterhadap pendekatan permainan kucing-kucingan pada pembelajaran sepakbola di kelasVIII SMP Negeri 30 Surabaya apabila diperinci sesuai dengan dimensi yangmempengaruhinya adalah : 1) Dimensi dorongan dari dalam (internal) masuk dalamkategori tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 51,31 atau sebesar 79%. 2)Dimensi motif sosial masuk dalam kategori tinggi dengan perolehan nilairata-rata 46,08 atau sebesar 77%. 3) Dimensi emosional masuk dalam kategoritinggi dengan perolehan nilai rata-rata 68,19 atau sebesar 76%. KataKunci : Pendidikan Jasmani, MinatBelajar, Permainan Kucing-Kucingan 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya