DETAIL DOCUMENT
Leadership Content Knowledge Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru di Era Digital
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ALIFIA DHAMAYANTI RACHMAN (STUDENT ID : 18010714002)
(LECTURER ID : 0016057703)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:49:09 
Abstract :
Penulisan artikel ilmiah ini bertujuanuntuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis leadership content knowledge(pengetahuan kepemimpinan konten) kepala sekolah dalam meningkatkankompetensi TPACK Guru di era digital. Metode yang digunakan dalam penulisanartikel ilmiah ini adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan denganmempelajari teks dan hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukandengan langkah-langkah: Pertama, mengklasifikasi data yang sudah diperolehsesuai dengan rumusan masalah. Kedua, melakukan analisis isi data yang telahdikaji secara kualitatif. Ketiga, menarik kesimpulan dan saran berdasarkanhasil analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa.Pertama, kompetensi TPACK guru memberikan pengaruh yang signifikan dalammeningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Sehingga mengharuskan guruuntuk terus mengembangkan kompetensinya. Kedua, hal yang perlu diperhatikanuntuk mengembangkan kompetensi TPACK guru adalah pemahaman dari ketujuhkomponen TPACK. Ketiga, leadership content knowledge (pengetahuankepemimpinan konten) kepala sekolah mampu mempengaruhi, menggerakkan,mengembangakan dan memberdayakan guru dalam mengembangkan kompetensi TPACK diera digital dengan didukung oleh technologyleadership. Keempat, kepala sekolah agar dapat membantu guru dalammeningkatkan kompetensi TPACK diperlukan pemahaman danpenguasaan tiap komponen dari TPACK.Kata kunci:pengetahuan kepemimpinan konten, kompetensi TPACK guru, era digital 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya