DETAIL DOCUMENT
Profil Penalaran Matematika SMP Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ASTRIE KARINA PUTRI ERIDANI (STUDENT ID : 12030174212)
(LECTURER ID : 0009046905)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:10 
Abstract :
Dalam pembelajaran matematiaka, terdapat tiga aspekyang harus dikuasai oleh siswa, yaitu aspek pemahaman konsep, penalaran, dan pemecahanmasalah. Dari tiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu aspek daritujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan penalaran. Dalam TIMSS juga memiliki tiga aspek yangharus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu aspek pengetahuan (knowing), penerapan (applying), dan penalaran (reasoning). Dari situ dapat disimpulkan pentingnyakemampuan penalaran yang harus dimiliki oleh siswa. Kemamapuan penalaran sendiriadalah kemampuan untuk menghubungkan ide yang muncul dalam soal dan menyusunnyadalam suatu argument matematika. Yang dirasa sangat lemah bagi kemampuan anak,berdasarkan tes yang dilakukan oleh TIMSS.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptifkualitatif. Penelitian dilakukan di SMP SHALAHUDDIN MALANG dikelas VIII.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penalaran matematika siswa berdasarkanjenis kelamin dengan menggunakan soal TIMSSsebagai alat ukur dan dilanjutkan dengan wawancara pada subjek yangterpilih. Subjek dalam penelitian ini ada enam orang, dengan rincian satu orangsiswa laki-laki berkemampuan penalaran tinggi, satu orang siswa laki-laki berkemampuanpenalaran sedang, satu orang siswa laki-laki berkemampuan penalaran rendah,satu orang siswi perempuan berkemampuan penalaran tinggi, satu orang siswi perempuanberkemampuan penalaran sedang, satu orang siswi perempuan berkemampuan penalaranrendah.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil beberapasubjek mempunyai kemampuan penalaran tinggi dan memenuhi empat indikator yang ingin dicapai oleh peneliti meski tidak sempurna,dua orang siswa mempunyai kemampuan penalaran sedang, dengan memenuhi lebih daridua indikator yang ingin dicapai peneliti, da nada pula beberapa siswa berkemampuanpenalaran rendah dengan hanya memenuhi satu indikator. Kata Kunci : Penalaran, TIMSS, jenis kelamin 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya