DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN MATERI POKOK KENNENLERNEN UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 22 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Dinda Amelia Septyasari (STUDENT ID : 16010024078)
(LECTURER ID : 0026046703)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:41:35 
Abstract :
AbstrakPenelitian Pengembangan inibertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak dan efektifdigunakan pada mata pelajaran bahasa Jerman khususnya materi Kennenlernen di SMA Negeri 22 Surabaya.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation andEvaluate) yang dilakukan secara prosedural melalui setiap tahapannya.Jenis data dalam penelitianpengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatifdidapatkan melalui metode wawancara dan angket yang diberikan kepada para ahlidan melalui tahap ujicoba kepada siswa guna melihat kelayakan media yangdikembangkan. Subjek dari penelitian inimenggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan eksperimen. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji homogenitas digunakanuntuk melihat kesamaan beberapa sampel yang diambil dari populasi yang sama,uji normalitas dilakukan umtuk mengetahui data penelitian memeiliki distribusiyang normal atau tidak, dan uji t dilakukan untuk menganalisa hasil pre-test dan post-test.Berdasarkan hasil analisisdata kualitatif terkait uji kelayakan media didapatkan hasil persentase sebagaiberikut, 100% pada kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 100% padakelayakan materi, 100% pada kelayakan media. Hal ini dapat disimpulkan bahwamultimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam prosespembelajaran. Hasil data kuantitatif didapatkan melalui perbandingan hasilproses pembelajaran dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dataini dikumpulkan dengan memberikan pre-testdan post-test kepada masing-masingsiswa di dua kelas yang kemudian diolah dan dibandingkan untuk melihatefektivitas penggunaan media. Hasil analisis data kuantitatif didapatkanberdasarkan db = (N1+N2)-2= 70, dan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 1,669. Hasil uji t pada pre-testdengan hasil thitung = 0,192 < 1,669 (ttabel). Dapat disimpulkan bahwa hasil pre-test pada dua kelas tidak memilikibeda signifikan. Hasil uji t pada post-testdua kelas diperoleh thitung sebesar 13,285 > 1,669 (ttabel). Dapat disimpulkan dari hasiltersebut bahwa pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran memberikandampak yang signifikan, sehingga efektif untuk dimanfaatkan. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kelayakan, Efektifitas 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya