Abstract :
Salah satu unsur pembelajaran penguasaan kosakata dasar dalam bahasa jerman adalah tercapainya empat keterampilan berbahasa. Empat keterampilan berbahasa tersebut antara lain, mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam keterampilan menulis penggunaan kosakata menjadi elemen terpenting yang diperlukan untuk melengkapi dan merangkai kata untuk menjadi kalimat. Penguasaan bahasa jerman sangat tidak mudah karena pada umumnya siswa merasa jenuh dan kurang antusias mempelajari dan menghafalkan kosakata yang banyak. Terdapat beberapa aplikasi atau platform berbasis android dan web sebagai sarana belajar. Maka digunakan Educandy yaitu aplikasi game edukasi berbasis web sebagai media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran kosakata dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman. Educandy berisi 45 kosakata terkait Hobby beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.Konsep game edukatif untuk belajar dan bermain menjadikan pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantusiswa dalam mengingat kosakata dan menerapkan kosakata tersebut pada keterampilan menulis bahasa Jerman. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menguji kelayakan penggunaan aplikasi Educandy pada pembelajaran kosakata guna menunjang keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XII melalui verifikasi ahli materi dan ahli media. Metode yang digunakan pada artikel ilmiah ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE sampai tahap pengembangan. Berdasarkan data hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil akhir validasi materi dengan persentase sebesar 80% yang berarti materi layak digunakan dalam media pembelajaran dengan revisi dalam kategori bagus. Sedangkan presentase hasil akhir yang didapatkan dari validasi media Educandy adalah sebesar 90,66% yang artinya media Educandy layak digunakan dalam kategori sangat bagus.