DETAIL DOCUMENT
Teaching Critical Thinking Skill in An EFL Academic Writing Class: Perceptions and Practices
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RUQOYYAH AMILIA ANDANIA (STUDENT ID : 20070835033)
(LECTURER ID : 0016097804)
Subject
Pascasarjana 
Datestamp
2022-11-22 14:37:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan praktik guru tentang pengajaran kemampuan critical thinking di kelas academic writing serta cara siswa merefleksikan pembelajaran kemampuan critical thinking mereka ke dalam sebuah esai. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan studi kasus dengan dua guru di tingkat universitas dan enam siswa yang diambil dari dua kelas tersebut. Wawancara, observasi, dan dokumen digunakan untuk memperoleh data. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memahami pengajaran critical thinking dalam academic writing sebagai pengajaran cara menyampaikan argumen atau penalaran tentang topik yang dipilih. Mereka berpandangan bahwa argumentasi dapat disampaikan melalui critical thinking subskill seperti menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan isi tulisan mereka, mensintesis, menegaskan posisinya sebagai penulis, dan menggunakan fitur linguistik yang tepat. Selain itu, para guru juga familiar dengan critical thinking subskill yang diperkenalkan oleh Finken & Ennis (1993) dan Cottrell (2005). Juga, mereka menyadari pentingnya mengajarkan critical thinking dalam kelas academic writing, khususnya dalam argumentative essay. Dalam hal ini, para guru menggunakan beberapa cara untuk menerapkan persepsi mereka terkait pentingnya critical thinking di kelas academic writing. Mereka menerapkan interaksi antara siswa seperti kerja kelompok dengan tiga sampai lima siswa, berpasangan, dan diskusi; mengajukan pertanyaan terbuka; memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk merenungkan pertanyaan atau masalah yang diajukan; dan sistem ceramah seperti memberikan penjelasan dan memberikan konsultasi. Dengan hasil itu, siswa dari kedua kelas dapat mencerminkan sebagian besar critical thinking subskill yang diajarkan guru mereka selama di kelas academic writing dengan baik dan benar seperti menyatakan argumen yang jelas, menyatakan posisi yang jelas untuk masalah yang diangkat (setuju atau tidak), memberikan bukti untuk mendukung argument, menggunakan pendapat orang lain dengan cara yang tepat, dan aspek reasoning, focus, organisation, dan convention lainnya. Namun, siswa juga membutuhkan bimbingan lebih dari guru mereka untuk mengembangkan kemampuan tersebut terutama kemampuan mereka untuk berpendapat dan mengungkapkan perbedaan pendapat secara eksplisit. Selanjutnya, para guru diharapkan dapat memberikan banyak bantuan kepada siswa dalam program pengajaran yang dapat meningkatkan keterampilan critical thinking siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya