Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi, hambatan, dan solusi guru PPKn dalam pembentukan karakterdisiplin peserta didik melalui pembelajaran daring di SMA Negeri 16 Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Penelitian ini menggunakan teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona. Fokuspenulisan ini pada strategi guru PPKndalam pembentukan karakter disiplin melalui pembelajaran daring, mengetahuihambatan dari pelaksanakan strategi dalam membentukkarakter disiplin beserta solusinya. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Observasi digunakan sebagaistudi awal, wawancara terstruktur dilakukan untuk menggali informasi terkaitstrategi yang digunakan guru PPKn dalam membentuk karakter peserta didikmelalui pembelajaran daring, dan dokumentasi terkait proses pembelajaran secaradaring. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapastrategi yang dilakukan oleh guru PPKn dalam membentuk karakter disiplinpeserta didik melalui pembelajaran daring, yang pertama yaitu,membuat kontrak belajar antara guru PPKndan peserta didik, memberikan pengetahuan, bercerita, memberi tauladan, memberitugas, dan memberi penilaian pada peserta didik. Dalam pelaksanaan strategi tersebut, hambatan yang dialami guruPPKn dalam membentuk karakter disiplin melalui pembelajaran daring yaitu dalam hal sarana prasarana, dan faktor sosial ekonomi peserta didik.Solusiuntuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pihak sekolah memberikan fasilitaskomputer dan wifi yang ada di sekolah yang dapat digunakan oleh peserta didik. Peserta didik yang memiliki kendala diperbolehkan untuk datang ke sekolahdengan tetap menerapkan protokol kesehatan.Kata Kunci: strategi, karakter disiplin, pembelajaran daring.