DETAIL DOCUMENT
Habitus Siswa Berprestasi Ekstrakulikuler Tapak Suci SMA Muhammadiyah 10 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
NENY SUJIANTI (STUDENT ID : 17040564080)
(LECTURER ID : 0028018303)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum 
Datestamp
2022-12-23 14:50:05 
Abstract :
Pencak silat menjadiwarisan takbenda yang diakui oleh Unesco. Sebagai warga negara wajib untukmelestarikan budaya.Ketua federasi pencak silat yaitu bapak Prabowo Subiantomemiliki cara dengan berusaha memasukan pencak islat dalam dunia pendidikan.hal ini mendapat tanggapan postif dari Muhammdiyah yang memiliki tapak suci. Muhammadiyah yang jugamenggeluti dunia pendidikan, memiliki banyak lembaga pendidikan yang sudahtersebar diseluruh negeri dari SD,SMP,SMA, hingga perguruan tinggi. Hal ini menjadiladang perkenalan tapak suci. seperti yang dilakukan oleh SMA Muhamamdiyah 10Surabaya atau disebut SMAMX. SMAMX mengenalkan diri sebagai sekolahkeberbakatan yang memiliki lebih dari empat puluh lima ekstrakulikuler aktif.Tapak suci tumbuh subur dalam lingkungan SMAMX dapat dibuktikan denganbanyaknya prestasi tapak suci yang diraih oleh siswa. penelitian ini berusahamencari tau habitus dan modal yang dimiliki siswa dalam meraih prestasidibidang tapak suci. penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatanstudi kasus. Lokasi penelitian berada di SMAMX dengan 7 informan yang merupakansiswa aktif mengikuti pelatihan tapak suci dan memenangkan berbagai perlombaantapak suci. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model Miles dan Hubermenyaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan Penelitianini mengguanak teori Pierre Bourdieu tentang habitus. Temuan data menunjukansuasana pendidikan didukung oleh peraturan yang ada membuat siswa menjaditerbiasa dengan persaingan di non akdemis antara siswa dan menganggap nonakademis adalah lebih dibandingan dengan akademis. SMAMX lebih terlihat sebagaisekolah bakat dibandingkan dengan sekolah pada umumnya. Dari hasil temuan datayang sudah di kelolah dengan menggolong-golongkan dan dipadukan dengan teoriBourdieu mengenai modal dapat dismipilakan bahwa siswa memiliki 4 jenis modaldalam peraih prestasi, diantaranya modal kultural, ekonomi, sosial, dansimbolik. dimana setiap informan memiliki kapasitas dan ukuran modal yangberbeda-beda. hal itu menjadi tolak ukur perbedaan prestasi yang dimiliki setiapinfroman. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya