Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
KHOLIF DEIGO PRAJA (STUDENT ID : 17030204036)
(LECTURER ID : 0006038005)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:46:59
Abstract :
Pendidikan ekologi penting diberikan untukmembantu siswa menjadi individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, danbertanggung jawab demi memelihara keseimbangan antara kehidupan dan lingkunganhidup. Hasil belajar materi ekologi merupakan salah satu indikator pencapaiansikap peduli terhadap lingkungan, kemampuan merawat, dan tanggung jawabterhadap kehidupan untuk mencapai perubahan gaya hidup dan perilaku ramahlingkungan. Faktor eksternal dan faktor internal dapat mempengaruhi hasil belajar materi ekologi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan siswa, danbagaimana cara mengajar guru biologi selama pembelajaran daring dirumah, danbagaimana hal tersebut mempengaruhi hasil belajar materi ekologi siswa SMA.Penelitian ini memanfaatkan mix method dengansequential explanatory dengananalisis regresi linier berganda terhadap 44 sampel siswa SMA kelas X diKecamatan Jambangan. Penelitian ini menghasilkan kategorisasi hasil belajarkognitif siswa pada materi ekologi secara berturut-turut dari sangat baik:baik: cukup: perlu bimbingan adalah 0%: 2.27%: 13.63%: 84.10%. Berdasarkankategorisasi hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi, 14.8%dipengaruhi faktor lingkungan dan faktor cara mengajar guru, sedangkan 85.2% olehfaktor selain dalam penelitian. Faktor cara mengajar guru (X2) berpengaruh secarapositif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 2.499. Kontribusi faktorlingkungan dan faktor cara mengajar guru dalam hasilbelajar dituliskan dengan persamaan Hasil belajar = -5.758 + (-0.413)Lingkungan + 1.117 Cara Mengajar Guru. Simpulan dari penelitian ini adalahfaktor cara mengajar guru biologi berpengaruh besar atas perolehan hasilbelajar siswa.