DETAIL DOCUMENT
pembelajaran PPKn Materi Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII E SMPN 3 Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Faisal yoga (STUDENT ID : 15040254102)
(LECTURER ID : 0009075708)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum 
Datestamp
2022-12-23 14:39:21 
Abstract :
Dalampembelajaran PPKn Peserta didik diharapkan memahami dan mengkaitkannya dengankehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan sekitar mereka yangdilaksanakan menjadi bermakna dan mengkaji masalah dalam kehidupan sehari-harisehingga sesuai dengan pemilihan model pembelajaran berbasis masalah. PBL di rancanguntuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilanmenyelesaikan masalah, mempelajari peran-peran dewasa sehingga menjadi pelajaryang mandiri dan menyediakan alternatif pembelajaran untuk mengarahkan pesertadidik dengan pembelajaran yang lebih aktif. Tujuan Penelitian 1) Mendiskripsikan keaktifanpeserta didik dalam pembelajaran PPKn materi Nilai Semangat Sumpah Pemuda MasaSekarang melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII E SMPN 3 Gresik 2)Mengetahui hasil belajar pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran PPKnmateri Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang melalui pembelajaran berbasismasalah di kelas VIII E SMPN 3 Gresik.Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Metode penelitiandeskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secarasistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerahtertentu, metode penelitian deskriptifyang didasari sifat-sifat dan masalahnya. Penelitian dengan pendekatan kuantitatifyaitu dengan data penelitian yang hasilnya angka-angka yang kemudian dianalisis secara deskriptif/verbal. Hasilpenelitian keaktifan peserta didik seluruh aspek dari hasilobservasi selama proses pembelajaran melalui model PBL setelah di rata-rataterdapat (77,41%) aktif, (14,51%) kurangaktif dan (8,06%) tidak aktif. Secara keseluruhan peserta didik aktif, 24aktif, 5 kurang aktif dan 2 tidak aktif. Hasilbelajar pengetahuan peserta didik tuntas dengan nilai KKM/tuntas jika pesertadidik memperoleh nilai sama dengan atau lebih 75, minimal sebanyak 22 pesertadidik tuntas untuk ketuntasan klasikal, hasil penelitian ini 5 (16,12%) tidaktuntas dan 26 (83,87%) tuntas, disimpulkan tuntas secara individu maupunklasikal.  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya