DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM PEMBUATAN YO-BUAH MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL KELAS XII SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Sulastri Nur Wahyu Putri (STUDENT ID : 15030204028)
(LECTURER ID : 0022116702)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:39:08 
Abstract :
ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KECAKAPANHIDUP (LIFE SKILL) DALAM PEMBUATANYO-BUAH MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL KELAS XII SMA Nama :Sulastri Nur Wahyu PutriNIM :15030204028Program studi : S-1 Pendidikan BiologiJurusan : BiologiFakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamNama Lembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dra. Isnawati, M.Si. Perkembanganabad 21 menuntut masyarakat untuk memiliki kemampuan bertahan hidup. Pada kenyataannya,masih banyak lulusan sekolah secara akademik dan vokasional cukup baik, tetapibelum mengoptimalkan kemampuan dirinya dalam masyarakat serta minimnyakemampuan daya juang untuk hidup. Hal ini dipengaruhi kegiatan pembelajaranyang kurang menyentuh pengembangan kemampuan kepribadian dan sosial (soft skill) namun terfokus hanya padapengembangan akademis atau vokasional (hardskill). Kecakapan hidup merupakan suatu kemampuan dengan menginterigrasikanpelatihan soft skill dan hard skill sehingga perlu diterapkandalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan Lembar KegiatanPeserta Didik (LKPD) berbasis kecakapan hidup dalam pembuatan Yoghurt Buah (Yo-Buah)materi bioteknologi konvensional yang valid, praktis, dan efektif. PengembanganLKPD menggunakan model 4D, yaitu Define,Design, Develop, tanpa Disseminate.Uji coba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 4Sidoarjo bulan Februari 2019 hingga selesai. Data yang diperoleh meliputivaliditas LKPD, persentase untuk LKPD 1 sebesar 89% dan LKPD 2 86% termasukkategori sangat baik. Persentase kepraktisan dari aktivitas peserta didiksebesar 91,5% kategori sangat baik. Persentase keefektifan ditinjau dari hasilbelajar sebesar 88,7, analisis N-gainmendapatkan kategori tinggi, penilaian produk yoghurt buah dengan persentase91,7% dan 100% kategori sangat baik, dan respons peserta didik sebesar 99,2%. Jadi,berdasarkan data penelitian tersebut dihasilkan LKPD berbasis kecakapan hidupdalam pembuatan Yo-Buah materi bioteknologi konvensional yang valid, praktisdan efektif. Kata kunci: LKPD,kecakapan hidup, bioteknologi konvensional 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya