DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU BERDASARKAN SELF ESTEEM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
EFIRA DWITAMA ANANDA (STUDENT ID : 16030174091)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:46:18 
Abstract :
Tujuan utama penelitian ini untukmendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertamayang memiliki tipe self esteem tinggidan tipe self esteem rendah dalammenyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri daridua orang siswa kelas VIII dengan tingkat selfesteem tinggi dan tingkat self esteemrendah yang masing-masing memiliki kesamaan jenis kelamin dan memilikikemampuan matematika yang setara. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan tes tingkat self esteem,tes komunikasi matematis tulis, dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratankomunikasi matematis tulis siswa dengan tingkat self esteem rendah, yaitu akurat untuk seluruh tahapan pemecahanmasalah, sedangkan kelengkapan komunikasi matematis tulis tidak lengkap untukseluruh tahapan pemecahan masalah terkecuali dalam tahap memahami masalah danpada tingkat kelancaran komunikasi matematis tulis lancar untuk seluruh tahapanpemecahan masalah. Keakuratan komunikasi matematis lisan siswa dengan tingkat self esteem rendah,yaitu akurat untukseluruh tahapan pemecahan masalah, sedangkan kelengkapan komunikasi matematislisan lengkap pada tahap menyusun rencana penyelesaian masalah namun tidaklengkap pada tahap memahami masalah dan menyelesaikan masalah. Pada tingkatkelancaran komunikasi matematis lisan lancar untuk seluruh tahap pemecahanmasalah. Keakuratan komunikasi matematis tulis siswa dengan tingkat self esteem tinggi, yaitu akurat untukpenulisan strategi penyelesaian masalah, penulisan langkah penyelesaianmasalah, dan perhitungan. Kelengkapan komunikasi matematis tulis tidak lengkapuntuk seluruh tahapan pemecahan masalah, sedangkan kelancaran komunikasimatematis tulis lancar pada tahap memahami masalah dan menuliskan strategipenyelesaian masalah. Kemudian untuk keakuratan komunikasi matematis lisansiswa dengan tingkat self esteem tinggi,yaitu akurat pada tahap memahami masalah, menyebutkan istilah atau notasimatematika, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah dan perhitungan.Sedangkan kelengkapan komunikasi matematis lisan siswa lengkap hanya pada tahapmemahami masalah, selain pada tahap tersebut tidak lengkap. Kelancarankomunikasi matematis lisan siswa lancar pada tahap memahami masalah,menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, self esteem, sistem persamaan linear duavariabel  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya