DETAIL DOCUMENT
Studi Kepustakaan tentang Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengatasi Kecemasan Akademik Peserta Didik Sekolah Menengah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MAULIDINA AZZA NABILA (STUDENT ID : 17010014046)
(LECTURER ID : 0006097803)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:47:31 
Abstract :
Kecemasan akademikmerupakan perasaan kegelisahan, ketakutan, dan ketegangan terhadap suatukeadaan atau situasi akademik yang dianggap mengancam atau berbahaya sehinggaberakibat pada terganggunya pola pemikiran serta respon fisik atau perilakupada aktivitas akademik peserta didik. Tujuan daripenelitian ini yaitu mengkaji serta mendeskripsikan mengenai teknik cognitive restructuring untuk kecemasanakademik peserta didik sekolah menengah. Metode yang digunakan pada penelitianini yaitu studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakniteknik dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian yaitu kajian sertadeskripsi mengenai keberhasilan, prosedur penerapan, ruang lingkup atausasaran, serta saran atau rekomendasi teknik cognitive restructuring untuk kecemasan akademik peserta didiksekolah menengah. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwateknik cognitive restructuring berhasiluntuk mengatasi kecemasan akademik peserta didik sekolah menengah sehinggateknik cognitive restructuring dapatmenjadi salah satu teknik yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecemasanakademik. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya