Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Ellyana Firdaus (STUDENT ID : 15030194030)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:39:05
Abstract :
ABSTRAK PENERAPAN MODEL SIKLUSBELAJAR EMPIRIS INDUKTIF UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ANALISIS PADA MATERILARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMAN 12 SURABAYA Nama : Ellyana FirdausNIM : 15030194030ProgramStudi :Pendidikan KimiaJurusan : KimiaFakultas : Matematika dan IlmuPengetahuan AlamNamaLembaga : Universitas NegeriSurabayaPembimbing :Muchlis, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterlaksanaanmodel siklus belajar empiris induktif, aktivitas, kemampuan menganalisis materilarutan elektrolit dan nonelektrolit serta respon siswa. Metode yang digunakanyaitu One Group Pretest Posttest Design padaKelas X IPA 7 SMAN 12 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 36 orang. Perangkatyang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerjasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatanketerlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes kemampuan analisis dan angketrespon. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Keterlaksanaanpada pertemuan I diperoleh rata-rata 3,6 dan pertemuan II sebesar 3,7 keduanyaberada pada kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa berlatih analisismendapat persentase sebesar 60,75% di pertemuan I dan 74,08% di pertemuan II.(3) Kemampuan analisis mendapat ketuntasan klasikal sebesar 88,89% denganpersentase N-gain score kriteria tinggi, sedang dan rendahberturut-turut sebesar 63,89%; 36,11% dan 0%. (4) Respon siswa setelahditerapkannya model siklus belajar empiris induktif mendapat kriteria sangatbaik dengan persentase rata-rata respon positif sebesar 93,97%. Kata Kunci : Siklus BelajarEmpiris Induktif, Kemampuan siswa dalam menganalisis, Elektrolit danNonelektrolit.