DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENINGKATAN LITERASI BUDAYA KEWARGAAN BERBASIS GENDER MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK USIA DINI DI RA ARRAHMAH KEDIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SAYYIDAH ULUL NABILA (STUDENT ID : 21070985002)
(LECTURER ID : 0012076109)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2023-09-01 01:20:56 
Abstract :
ABSTRAKNabila,Sayyidah Ulul. 2023. Strategi Peningkatan Literasi Budaya Kewargaan berbasisGender melalui Media Flashcard pada Anak Usia Dini di RA Arrahmah Kediri. Tesis,Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas NegeriSurabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Si., dan (II) Dr.Wiwin Yulianingsih, M.Pd.Kata-kataKunci: literasi budaya kewargaan, kesetaraan gender,literasi anak usia dini, kesetaraan gender anak usia dini, media flashcard,flashcard untuk anak usia diniPenelitianini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan literasi budaya kewargaanberbasis gender melalui flashcard yang dilakukan pada anak usia dini. Hal inimeliputi (1) proses pelaksanaanpembelajaran melalui media flashcard berbasis gender, (2) hasilpenerapan media flashcard berbasis gender pada anak usia dini, dan (3)kemampuan anak usia dini dalam menerapkan nilai-nilai dasar kesetaraan gendersetelah pembelajaran menggunakan media flashcard.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenispenelitian purposive and snowball.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian iniberjumlah 10 orang dengan rinciansebanyak 7 orang merupakan orang tua peserta didik, 2 orang guru, dan 1 orangkepala sekolah. Analisisdata yang digunakan pada penellitian ini diantaranya ialah pengumpulandata, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untukkeabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dantriangulasi waktu. Penelitian ini menemupkan bahwa proses pelaksanaan literasi budaya kewargaan berbasis gender melaluimedia flashcard mendapatkan respon interaksi aktif yang positif. Hal inimenandakan bahwa media flashcard cukup efektif dalam menarik minat pesertadidik untuk pembelajaran literasi budaya kewargaan. Hasil penerapan literasi budaya kewargaanberbasis gender memiliki temuan bahwa peserta didikmampu menunjukkan perubahan sikap terhadap aktivitas yang melibatkan perangender tertentu, termasuk di dalamnya adalah pekerjaan rumah tangga. Kemampuan dasar peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai dasarmengalami peningkatan seperti (1) bersedia untuk berbagi fasilitas di RA Arrahmah, seperti permainan ditaman bermain, alat-alat permainan, media literasi, dan ekstrakurikuler pilihan, (2) tidak lagi memberikan label bahwa pekerjaanrumah tangga tertentu adalah pekerjaan ibu atau perempuan pada umumnya, begitujuga sebaliknya, (3) memahami bahwa tiapindividu memiliki kesempatan yang sama dalam memilih kegiatan yang mereka suka,berteman tanpa rasa khawatir akan dikucilkan, serta dapat mengungkapkanpendapat tanpa takut dicemooh oleh rekan yang lain, dan (4) memiliki sikap yang lebih fleksibel dalammenanggapi peran-peran gender tertentu, baik itu dalam pekerjaan rumah tanggamaupun lingkungan pertemanan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya