DETAIL DOCUMENT
Strategi Kesopanan oleh Dosen dalam Kelas EFL Mahasiswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
SEPTIAN ARDIANTO (STUDENT ID : 19070835001)
(LECTURER ID : 0016097804)
Subject
Bahasa dan Seni 
Datestamp
2023-09-01 10:51:30 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan strategi kesopanan oleh dosen dan persepsi tentang strategi dari mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu, dua pertanyaan penelitian utama telah ditarik untuk penelitian ini adalah: (1) Bagaimana para dosen menggunakan strategi kesopanan? (2) Bagaimana persepsi dosen dan mahasiswa dalam penggunaan strategi kesantunan?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menyelidiki strategi kesopanan yang digunakan oleh dosen dalam kegiatan belajar mengajar mereka. Subyek untuk penelitian ini adalah dua orang dosen yang memiliki pengalaman tinggal di luar negeri dimana bahasa Inggris sebagai bahasa pertama serta mahasiswa dari dua kelas juga diperhitungkan. Untuk mendapatkan data, observasi duduk online dan wawancara online dilakukan. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah 1.) Mempersiapkan dan mengorganisir 2.) Mentranskrip dan mengkode, dan 3.) Menafsirkan. Pada tahap observasi, peneliti mengumpulkan data dari lembar observasi dan transkrip interaksi mahasiswa dan dosen. Sedangkan pada tahap wawancara, peneliti mengumpulkan data dari transkrip hasil wawancara.Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) ada tiga strategi yang digunakan oleh dosen yaitu kesantunan positif-negatif dan strategi bald-on-record; (2) persepsi dosen menemukan bahwa sebelum menggunakan beberapa strategi tertentu dosen menganalisis situasi yang mereka hadapi, kesenjangan sosial mereka dan juga hasil yang ingin mereka capai. Persepsi mahasiswa mengungkapkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih menyukai bentuk sopan dosen dalam meminta atau menuntut sesuatu daripada memberikan perintah langsung kepada mahasiswa. Di sisi lain, ada juga beberapa mahasiswa yang percaya bahwa dosen memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengonstruksi strategi apapun terhadap mahasiswa.Strategi kesantunan ini dapat membantu dosen dalam memfasilitasi kegiatan belajar mengajar di kelas selama mereka mengetahui kapan dan bagaimana strategi tersebut digunakan. Mereka juga harus memahami karakteristik mahasiswanya agar strategi yang mereka gunakan juga berhasil mengikuti kriteria dari masing-masing kelas yang mereka ajar, jangan sampai strategi yang semula ditujukan untuk membantu dosen memperlancar kegiatan belajar mengajarnya malah berubah menjadi sebaliknya. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya