DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SAINTIFIK SISWA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 DLANGGU)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RIFQI ANIFATUSSARO (STUDENT ID : 15030654051)
(LECTURER ID : 0005067105)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:44 
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dikelas dengan menggunakan model discoverylearning serta kemampuan berpikir saintifik siswa. Penelitian ini merupakanpenelitian studi kasus yang dilakukan di SMPN 2 Dlanggu dengan menggunakansubjek yaitu tiga guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa darites berpikir saintifik masuk kriteria rendah dengan data yang reliabel dihitungmenggunakan cronbachs alpha yaitu berturut-turut 0,688; 0,689; dan 0,623.Hasil tersebut kemudian dikaitkan dengan analisis perencanaan dan pelaksanaanpembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil yang diperoleh ternyata kemampuanberpikir saintifik siswa masuk kriteria kurang karena dipengaruhi oleh caraguru mengajar yang masih memiliki banyak kekurangan yaitu guru belum memahamiberpikir induktif pada model discoverylearning sehingga mempengaruhi dalam mengidentifikasi dari setiap fase daridiscovery learning sepertimenunjukkan fenomena, mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis,mengumpulkan data, mengolah data, verifikasi, dan generalisasi yang melaluiproses berpikir induktif. Oleh karena itu, guru harus memahami lagi tentangmodel discovery learning untukmemfasilitasi pembelajaran dan memicu keterampilan berpikir saintifik siswabaik dalam perencanaan pembelajaran maupun pada saat pelaksanaan pembelajaranserta diadakan evaluasi rutin setelah pembelajaran oleh ketiga guru supayadapat memperbaiki apabila terdapat beberapa kekurangan atau kekeliruan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya