Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DEWANTYA UJI PRAMUDYA (STUDENT ID : 12040254224)
(LECTURER ID : 0014057403)
Subject
Ilmu Sosial dan Hukum
Datestamp
2022-12-23 14:39:09
Abstract :
AbstrakSekolah Rakyat Bhinneka (SRB) merupakan salah satu PusatKegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Surabaya. SRB didirikan melaluikerja sama antara Mahasiswa Unesa dengan Masyarakat guna memberikan tambahanpengetahuan kepada anak-anak usia sekolah di Lidah Kulon. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme SRB dalam menanamkan nilai-nilaikebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon. Fokus penelitian ini adalahmendeskripsikan metode yang digunakan SRB dalam menanamkan nilai-nilaikebhinnekaan pada anak usia sekolah di Lidah Kulon berdasarkan pada teori nilai-nilaikebhinnekaan dalam praktik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatifdengan menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dan studi arsip milikSRB untuk memperoleh data primer dan sekunder penelitian. Penelitian dilakukandi sekretariat SRB dan lokasi pembelajaran SRB di Lidah Kulon. Narasumberpenelitian ini adalah kepala SRB, pembina SRB, dan salah satu volunteer SRB. Dari penelitian inididapatkan hasil sebagai berikut: (1) SRB menanamkan nilai-nilai kebhinnekaanmelalui proses pembelajaran dalam kelas dan pembelajaran luar kelas; (2) Pembelajarandalam kelas dilakukan lewat pemberian materi kebhinnekaan dan wawasan nusantara;(3) Pembelajaran luar kelas dilakukan melalui kunjungan-kunjungan yang dianggaprepresentatif terhadap praktik nilai-nilai kebhinnekaan yang ada di tengahmasyarakat; (4) Tidak ditemukan praktik upaya SRB dalam menanamkan nilaikeadilan. Saran yang diberikan peneliti untuk meiningkatkan kinerja SRB adalahsebagai berikut: (1) Menambah jam pembelajaran kbihnnekaan dan wawasannusantara; (2) Nilai kerukunan dan keadilan perlu diperhatikan lebih; (3)Menambah macam kegiatan pembelajaran luar kelas; (4) Memaksimalkan sumber dayainternal dan eksternal guna meningkatkan kapasitas pembelajaran SRB. Kata kunci :Sekolah Rakyat, Nilai-Nilai Kebhinnekaan, Pembelajaran.