Abstract :
Sekolah merupakan lembaga pendidikan untukbelajar, tempat menerima dan memberi ilmu pengetahuan. SMK Negeri 6 Surabayamemiliki visi yang berbunyi menjadikan SMK yang unggul, menghasilkan lulusanprofesional, mandiri, berbudi luhur, berwawasan lingkungan serta mampuberkompetensi diera global. Namun dari hasil wawancara dengan guru SMK Negeri6 Surabaya menyatakan jika siswa kurang bersemangat, kurang aktif dalampembelajaran, serta guru merasa kesulitan untuk memahamkan para siswa. Meskipunera digital juga telah berkembang sangat pesat guru belum memanfatkan mediavideo. Maka dari itu upaya untuk mengatasi masalah tersebut akan diterapannyamedia video pada kompetensi membuat gambar bagian dan bentuk busana di SMKNegeri 6 Surabaya kelas X Tata Busana 1. Tujuan penelitian ini meliputi: 1)mengetahui hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media video, 2)mengetahui hasil belajar siswa yang dipengaruhi dengan menerapkan media video.Proses penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 semester genapdengan subjek kelas X Tata Busana 1 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian inimenggunakan metode pengumpulan data berupa pengamatan atau observasi,wawancara, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil keterlaksanaanpembelajaran pada kompetensi membuat gambar bagian dan bentuk busana dapatterlaksana dengan sangat baik dengan skor rata-rata untuk aktivitas guru 98%dan aktivitas siswa 89%, dan 2) penerapan media video memiliki pengaruhterhadap hasil belajar siswa dengan ketuntasan 100% dari total 32 siswa,tigapuluh satu siswa dinyatakan tuntas karena memperoleh nilai antara 75 - 90,serta seorang siswa dinyatakan terlampaui karena memperoleh nilai 91.Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan media video pada kompetensi membuatgambar bagian dan bentuk busana di kelas X Tata Busana 1 SMK Negeri 6 Surabaya dapatmempengaruhi hasil belajar karena siswa lebih memahami materi, semakinbersemangat, dan aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Penerapan media, video, bagian dan bentuk busana.