DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANGMENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT!
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Anastasya Herlina Anggraeni (STUDENT ID : 19030654023)
(LECTURER ID : 0004097710)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2023-09-01 01:22:44 
Abstract :
Hasil Belajar merupakan hasil akhir yangdiperoleh peserta didik setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan belajar.Seseorang dapat dikatakan telah berhasil dalam belajar jika ia mampumenunjukkan adanya perubahan yang nampak pada dirinya. Media yang digunakanuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ini adalah media Kahoot! yangberbasis ICT dan permainan. Penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran IPAdapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif padapeserta didik, melatih kemampuan berpikir kritis, dan kreatif peserta didik,karena peserta didik harus memilih jawaban yang tepat dari beberapa pilihanyang diberikan.Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan respon peserta didik setelahditerapkannya media pembelajaran Kahoot! di kelas VIII pada pokokbahasan getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitan yangdigunakan adalah penelitian pra-eksperimen dan menggunakan rancangan one grouppretest-posttest design dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII GSMP Negeri 30 Surabaya.Data yang diperoleh berupa hasil belajar secara deskriptif dianalisismenggunakan N-Gain dan uji Wilcoxon berdasarkan nilai pretest-posttest,serta teknik analisis respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan media Kahoot!melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan N-Gaindidapatkan persentase peserta didik yang mendapatkan skor N-Gain dalam kategori tinggi sebesar 67%, kategori sedang sebesar 33%, dankategori rendah sebesar 0%. Hasil uji normalitas diperoleh bahwa data tidakberdistribusi normal, sehingga dilakukan analisis menggunakan uji Wilcoxon yangmenghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yaitu terdapat perbedaan yangsignifikan antara hasil pretest dan postest. Secara keseluruhan respon peserta didik mendapatkan persentase 83%respon yang berkategori sangat baik pada pernyataan positif dan mendapatkan persentase37% respon yang berkategori kurang pada pernyataan negatif.Kata kunci: Media Kahoot!,hasil belajar 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya