Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
FITRIA NURUL HIDAYATI (STUDENT ID : 16030194067)
(LECTURER ID : 0020066003)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:44:26
Abstract :
Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Motivasi Peserta Didik (BMPD) yang layakdigunakan untuk memotivasi pada pembelajaran kimia di SMA kelas X semester 2. BMPDdikembangkan mengikuti tahapan analyze,design, develop, implement, evaluate (ADDIE). Tahap evaluasi meliputi subtahap evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Dalam penelitian ini pengembanganBMPD sampai tahap evaluasi formatif. Kriteria kelayakan meliputi validitas (isidan konstruk), kepraktisan, dan efektivitas. Kriteria validitas didasarkan datahasil expert judgement dari tigaorang validator. Kriteria kepraktisan dan efektivitas didasarkan penilaian yangdiberikan oleh tiga orang guru kimia sesaat setelah uji coba BMPD. Keseluruhandata dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwakesembilan BMPD yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan. Setiap indikatordari kesembilan BMPD sebagai pemotivasi memperoleh penilaian dari validatordengan modus (Mo) minimal 4 pada rentang skor 1-5 dengan nilai percentage of agreement antar validatordi atas 75%. Kesembilan BMPD dinyatakan memenuhi syarat kepraktisan dan efektivitaskarena pada setiap indikatornya memperoleh penilaian dari guru pengguna denganmodus (Mo) 4 pada rentang skor 1-4 dengan nilai percentage of agreement (R) antar guru pengguna di atas 75%.Kata kunci: Bahan Motivasi Peserta Didik (BMPD), validitas, kepraktisan,efektivitas, percentage of agreement.