Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AKHMAD LABIB AN NAUFAL (STUDENT ID : 18030174079)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:49:42
Abstract :
Semakinberkembangnya zaman bentuk buku tidak lagi berbentuk cetak, tetapi bentuk bukudapat dibuat elektronik. Buku elektronik mudah diakses dan dapat dibacakapan saja dan dimana saja. Dari hal tersebut, peneliti tertarik untukmengembangkan e-book. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupae-book matematika pada materi persamaan garis lurus yang dapatmeningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakanmodel pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Penelitian menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional versi 2.4.9.32. Penelitian ini bertujuan mengujikevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-book sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yangdapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi persamaan garislurus.Hasiluji validitas e-book matematika memperoleh persentase 97,85% dari validator praktisi dan 90% darivalidator ahli. Hasil uji kepraktisan e-book memperoleh persentase 78,88% dengan kategori baikyang dilakukan oleh 12 siswa. Kemudian uji keefektifan dari 12 siswa kelas IXSMP swasta di Sidoarjo yang sudah mempelajari materi persamaan garis lurussebelumnya. Dari e-book yangdikembangkan diperoleh nilai postest lebihbesar dari nilai pretest untuk semuasiswa . Setelah diuji cobakan kepada siswa didapatkan bahwa kelebihan dari e-book yang dikembangkan ialah terdapatanimasi yang menarik yang dapat membantu siswa lebih memahami materi persamaangaris lurus, selain itu terdapat unsur interaktif dengan adanya animasi yangmendampingi sehingga belajar pada e-booktidak terkesan sendirian. Selain itu, hasil akhir e-book yang dikembangkan berupa link dan tidak perlu mengunduhaplikasi tertentu sehingga lebih praktis. Kekurangan dari e-book yang dikembangkan ialah soal-soal untuk melatih berpikirkritis perlu lebih dikembangkan, selain itu tampilan dari e-book juga masih cenderung monoton.KataKunci : Pengembangan, e-bookmatematika, kemampuan berpikir kritis, ADDIE