DETAIL DOCUMENT
STUDI LITERATUR: ANALISIS PENERAPAN MEDIAPEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PHET TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
YUSUF ADIP SAPUTRO (STUDENT ID : 16050514022)
(LECTURER ID : 0007095207)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:48:44 
Abstract :
DasarListrik dan Elektronika merupakan mata pelajaran dasar yang wajib dikuasai olehsiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)karena didalamnya termuat pengetahuan tentang teori perhitungan elektronikadasar. Teori dan perhitungan elektronika dasar memiliki peranan vital dalampembelajaran teknik listrik. Maka dari itu siswa perlu menguasai teori dasarlistrik dan elektronika secara mendalam. Dari pihak guru merasa kesulitan dalammenemukan pembelajaran dengan media yanng sesuai karena pembelajarankonvensional cenderung membuat siswa merasa jenuh. Di lain sisi siswa dituntutmenguasai materi secara mendalam. Peneliti mencoba mendalami bagaimanamenciptakan pembelajaran yang aplikatif namun dengan hasil maksimal denganmemanfaatkan fasilitas yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pembelajaran berbantuan media, dalam hal ini adalah aplikasi PHETterhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur daripenelitian-penelitiaan sebelumnya sebagai sumber data, kemudian dianalisismenggunakan metode meta-analisis sehingga diperoleh kesimpulan penelitian yangutuh. Hasil penelitian sebelumnya kemudian dihimpun menjadi sebuah data,kemudian dianalisis dengan Pired Sample Test menggunakan Software SPSS. Berikutini merupakan hasil analisis Software SPSS: (1) Nilai rerata peserta didik saatpretest adalah 41.2650 dan saat posttest adalah 72.5833, (2) Hasil uji t adalaht hitung = -4.607 < t tabel 2,57 maka HO digugurkan dan terdapat beda yang signifikanhasil belajar siswa diberlakukan pembelajaran dengan berbantuan Aplikasi PHET.Selain itu juga terdapat respon yang positif dari siswa yang belajar denganberbantuan Aplikasi PHET dibuktikan dengan angket. Ini merupakan salah satuindikasi bahwa media pembelajaran dengan software PHET ini membantu siswa dalammemberikan pemahaman yang mendalam terhadap materi yang diajarkan.Kata Kunci : PHET, Hasil Belajar, Media Komputer 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya