DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
HASAN SYAIFUL RIZAL (STUDENT ID : 13050514047)
(LECTURER ID : 0007095207)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:39:22 
Abstract :
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkatpembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasimotor listrik berdasarkan; validitas, kepraktisanditinjau dari respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran, dan keefektifanditinjau dari hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaranmodel pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS. Metodepenelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan 10,akan tetapi pada penelitian ini bahan ajar yang dihasilkan hanya prototype sajasehingga tahap pengembangan bahan ajar ini hanya sampai tahap ke tujuh yaitu,(1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasiproduk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 2 TamanSidoarjo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran,angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar siswa yangterdiri dari ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwatingkat kelayakan perangkat pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan denganhasil ratting sebagai berikut: (1) RPP mendapatkan ratting 99,4% diketegorikansangat valid; (2) LP afektif mendapatkanratting 99,4% diketegorikan sangat valid; (3) LP kognitif mendapatkan ratting 80,7% diketegorikansangat valid; (4) LP psikomotor mendapatkan ratting 83% berkategori sangatvalid. Aspek kepraktisan dinyatakan dengan hasil ratting respons guru sebesar 87,5%dan respon siswa sebesar 82,1%. Aspek keefektifan ditinjau dari rerata hasilbelajar diperoleh hasil sebagai berikut; (1) hasil belajar afektif mendapatkandua hasil meliputi sikap spiritual mendapatkan rata-rata 87,81 dan sikap sosial mendapatkan rata-rata 89,90;(2) hasil belajar kognitif dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelassebesar 80,3. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th= 29,631> ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi () sebesar 0,00; (3) hasilbelajar psikomotor dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar87,5. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th = 5,227>ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi () sebesar 0,01. Sehingga H0 ditolak,artinya rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari kriteria ketuntasanminilan (KKM) yaitu 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkatpembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada matapelajaran instalasi motor listrik di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjodinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Katakunci: perangkat pembelajaran, kevalidan,keefektifan, kepraktisan. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya