Abstract :
Pandemi Covid-19menyebabkan kementerian pendidikan dan kebudayaan mengganti kegiatan belajarmengajar (KBM) dengan menggunakan sistem online. Penelitian ini bertujuanmengetahui Pengaruh pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap perkembangansosial-emosional anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukandengan desain survey angket tertutup, di mana responden memilih jawaban yangsudah tersedia pada setiap pernyataan melalui Google Form di group WhatsApporang tua Taman Posyandu Melati Gumeno. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptifdan Inferensial dengan uji Regresi Linier Sederhana. Orang tua selaku pendamping anak selamapembelajaran online dan Anak Usia 2-3 tahun sebagai responden penelitian ini. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dari pembelajaran online itusangat kecil terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Yaknisebesar 38% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya pengaruhteman sebaya, usia yang menyulitkan yakni anak tidak bisa menuruti kata orangtua, anak lebih terpengaruh teman-temannya dan anggota keluarga lain. Jadi hasilmenunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak. Kata Kunci: Pembelajaran Online, anakusia dini, Perkembangan sosial-emosional.