Abstract :
Bahan ajar adalah sarana dalam proses pembelajaran yang dirangkai secara terstruktur untuk menyampaikan materi dengan praktis dan dapat meningkatkan hasil belajar, salah satu bahan ajar yaitu berupa modul. Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang berpusat pada guru, kurangnya sumber belajar, dan kurangnya pemahaman peserta didik sehingga hasil belajar kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh Modul Instalasi Bangunan Sederhana (M-IBS) yang layak digunakan, dilihat dari sisi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan dengan menggunakan model Research and Development yang mengadopsi model penelitian Sugiyono dengan menerapkan 6 tahap pertama, dilanjukan pengolahan data dan pelaporan, dengan desain penelitian One Shot-Case Study. Subjek uji coba 20 peserta didik SMK Negeri 1 Driyorejo kelas XI TITL. Pengambilan data menggunakan instrumen validasi, angket respon siswa dan guru, instrumen butir soal pos-test, lembar observasi tes kinerja dan lembar observasi sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat validitas modul sebesar 84% (sangat valid), tingkat praktikalitas modul dari angket respon guru dan siswa sebesar 82,45% (sangat praktis), sedangkan efektivitas modul dari hasil belajar peserta didik dengan rerata 86,97 (sangat efektif) dan hasil analisis data uji-tmendapat rerata sig.(2-tiled) sebesar 0.000 artinya data deskriptif lebih tinggi signifikan dari KKM 75. Dapat disimpulkan M-IBS sangat valid, praktis dan efektif, artinya modul sangat layak digunakan.Kata Kunci : modul, validitas, praktikalitas, efektivitas.