Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
AULIDYA ANNISYA PUTRIAN (STUDENT ID : 18030174035)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:49:49
Abstract :
Kemampuan berpikir lateralmerupakan kemampuan untuk berpikir kreatif dengan menggunakan inspirasi untukmemecahkan suatu masalah dengan sudut pandang yang tidak terduga. Pemberianmasalah matematika open endedmerupakan cara yang tepat dalam mengetahui kemampuan berpikir lateral siswakarena dapat memunculkan beberapa cara penyelesaian yang berbeda. Salah satufaktor yang mempengaruhi perbedaan kemampuan berpikir siswa adalah gayabelajar, yaitu gaya belajar sensing danintuition. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikirlateral siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended ditinjau dari gaya belajar sensing dan intuition dengansubjek penelitian yaitu dua siswa kelas IX di salah satu SMP negeri Surabaya. Pengambilan data dilakukan denganpemberian angket gaya belajar, tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah,dan pedoman wawancara. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalammemecahkan masalah matematika open-ended,siswa dengan gaya belajar sensingdan intuition keduanya dapatmenyebutkan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan pada soalserta dapat membuat beberapa rencana penyelesaian masalah berdasarkan informasiyang diberikan. Namun siswa dengan gaya belajar sensing tidak dapatmenyelesaian masalah sesuai yang direncanakan sebelumnya dan hanya mengecek perhitungannya saja, sehingga tidak melakukanpengecekan kebenaran jawaban. Sedangkan subjek dengan gaya belajar Intuition dapat melaksanakaanpenyelesaian masalah sesuai dengan rencana yang disusun dan mengecek kebenaranjawaban. Subjek dengan gaya belajar intuitionjuga dapat memikirkan metode lain yang tidak umum, yaitu dengan metodegrafik.