Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
REFANNY ANINDYA FITRIA HERVYANTI (STUDENT ID : 17030194082)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:45:08
Abstract :
AbstrakTujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Berbasiscollaborative creativity untuk meningkatkan creative thinking skill padamateri asam basa yang layak digunakan. LKPD yang dikembangkanberdasarkan fase-fase collaborativecreativity diantaranya (1) fase identifikasi masalah, (2) fase eksplorasiide kreatif, (3) fase collaborative creativity,(4) fase elaborasi ide kreatif, dan (5) fase evaluasi hasil dan proses. Pengembangan LKPD ini meminta pesertadidik untuk membentuk kelompok kerja kolaboratif yang terdiri dari kelompokkecil dan kelompok besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Researchand Development (R&D) yang dibatasi sampai uji coba terbatas dengan 12peserta didik kelas XII MIPA 11 SMAN 1 Sidoarjo. Kelayakan LKPD ditinjau daritiga aspesk antara lain, aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. LKPDdapat dikatakan valid apabila hasil persentase 61%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan berdasarkanaspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan dengan persentaseberturut-turut 88,82%; 90,94%; 90%; dan 90%. Keefektifan ditinjau dari keterampilanberpikir kreatif peserta didik, hasil pretest dan posttest keterampilanberpikir kreatif dengan nilai N-Gain berkisar 0,6-0,8 dengan kategori tinggi. Peningkatan hasil pretest dan posttest didukung dari hasilobservasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik denganpersentase rata-rata berturut-turut 90,65%; 95,45; dan. Kepraktisan LKPDditinjau dari angket respon peserta didik dengan persentase 97% pada kategorisangat praktis. Kata kunci: LKPD, collaborative creativity, keterampilanberpikir kreatif.