DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ANGGI HARDIANTI (STUDENT ID : 16030174061)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:42:18 
Abstract :
Aljabar merupakansalah satu materi matematika yang wajib dipelajari oleh siswa, karena materiini mempunyai keterkaitan dengan materi matematika yang lain misalnya kalkulus,geometri, statistika dan peluang, dan lain sebagainya. Dengan demikian,kemampuan berpikir aljabar siswa perlu dikembangkan dengan cara melatih siswaberpikir aljabar. Kemampuan berpikir aljabar siswa dapat dilihat berdasarkanpencapaian indikator kemampuan berpikir aljabar dari tiap-tiap aktivitasberpikir aljabar. Aktivitas berpikir aljabar terdiri dari generalisasi,abstraksi, berpikir dinamis, pemodelan, berpikir analitis, dan organisasi.Kemampuan berpikir aljabar adalah kesanggupan siswa berpikir matematis yangmeliputi generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, berpikir dinamis,pemodelan, dan organisasi. Kemampuan berpikir aljabar siswa tentunyaberbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswadan jenis kelamin. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untukmendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikanmasalah matematika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Metode pengumpulandata melalui tes tertulis dan wawancara. Tes tertulisterdiri dari tes kemampuan matematika dan tes kemampuan berpikir aljabar. Teskemampuan matematika digunakan untuk memperoleh subjek penelitian. Subjekpenelitian yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan dengan kemampuanmatematika tinggi yang setara kelas VIII SMPN 32 Surabaya.Hasil penelitianini menujukkan perbedaan kemampuan berpikir aljabar siswa laki-laki dan siswaperempuan. Siswa laki-laki dapat memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabardari lima aktivitas berpikir aljabar yaitu generalisasi, berpikir dinamis, abstraksi,pemodelan, dan berpikir analitis. Siswa perempuan dapat memenuhi indikatorkemampuan berpikir aljabar dari empat aktivitas berpikir aljabar yaitugeneralisasi, abstraksi, pemodelan, dan berpikir analitis. Terdapat perbedaankemampuan berpikir aljabar siswa laki-laki dan perempuan pada aktivitasgeneralisasi dengan indikator dapat menentukan suku berikutnya berdasarkan polayang diperoleh, siswa laki-laki dengan cara menggambar sedangkan siswaperempuan dengan cara mendata. Selanjutnya pada aktivitas berpikir analitisdengan indikator dapatmenentukannilai yang tidak diketahui dari sebuah persamaan, siswa laki-laki menggunakancara mencoba-coba sedangkan siswa perempuan dengan cara aljabar. Kemudian padaaktivitas berpikir dinamis dengan indikator dapat menganalisis hubungan antarabilangan dalam pola untuk menentukan suku berikutnya dengan berbagai carapenyelesaian, siswa laki-laki dapat mencari alternatif penyelesaian lainsedangkan siswa perempuan tidak dapat mencari alternatif penyelesaian lain. Kata kunci : Kemampuan berpikir aljabar, masalahmatematika, perbedaan jenis kelamin 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya