DETAIL DOCUMENT
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Tunarungu pada Aljabar: Unsur dan Operasi Bentuk Aljabar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
CANDRA AINUR ROFIQ (STUDENT ID : 18030174030)
(LECTURER ID : 0018048304)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:50:27 
Abstract :
Kemampuan pemahaman konsep matematika menjadi tujuanpembelajaran matematika di sekolah yang harus dicapai oleh siswa, tidakterkecuali siswa tunarungu. Salah satu konsep yang wajib dikuasai adalah unsurdan operasi bentuk aljabar karena merupakan materi dasar aljabar dan menjadiprasyarat untuk materi-materi berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimanakemampuan siswa tunarungu memahami konsep matematika pada topik aljabar dalammateri unsur dan operasi bentuk aljabar menurut teori APOS. Subjekpenelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kelas X. Subjek penelitiandipilih berdasarkan pertimbangan hasil nilai terbaik dalam tes, kemampuankomunikasi dan informasi dari guru sekolah yang mengetahui karakter siswanyadengan tujuan memungkinkan interaksi yang baik antara peneliti dan subjek.Instrumen penelitian menggunakan tes dan wawancara. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode deskriptif eksploratifdengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Siswa tunarungu belum mampu menjelaskan unsur-unsur dan operasi bentuk aljabarsecara langsung dengan benar; 2) Siswa tunarungu dapat menyelesaikan sebagianmasalah aljabar menggunakan sifat-sifat operasi aljabar dari tes yangdiberikan, tetapi siswa tidak memberikan respon ketika diminta menjelaskanhasil kerja siswa dalam menyelesaikan permasalahan mengenai sifat-sifat operasialjabar; 3) Siswa tunarungu tidak memperhatikan nilai negatif pada suatu sukudalam memilah dan mengelompokkan unsur-unsur aljabar. Dalam menghadapi masalahpengelompokkan unsur-unsur aljabar, siswa tunarungu tidak menyederhanakanbentuk aljabar terlebih dahulu untuk kemudian memilah dan mengelompokkanunsur-unsur aljabar; 4) Siswa belum mampu mengaplikasikan operasi bentukaljabar. Siswa tunarungu juga hanya menyebutkan dan tidak dapat menjelaskancontoh masalah kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkankonsep unsur dan operasi bentuk aljabar. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya