DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMAN 1 PRAMBON, NGANJUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Veronica Destiana Elysabeth (STUDENT ID : 15010024033)
(LECTURER ID : 0026046703)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-12-23 14:38:21 
Abstract :
ABSTRAKPENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMAN 1 PRAMBON, NGANJUKNama :Veronica Destiana ElysabethNIM :15010024033Program Studi : S-1 TeknologiPendidikanJurusan :Kurikulum dan Teknologi PendidikanFakultas : IlmuPendidikanNama Lembaga : UniversitasNegeri SurabayaPembimbing : Dr.Bachtiar S. Bachri, M.Pd. Berdasarkan RPPyang disusun, maka kondisi ideal yang seharusnya dapat dicapai siswa sesuaitujuan pembelajaran yang telah ditentukan adalah (1) Siswa dapat memahamimateri Teori Kinetik Gas pada mata pelajaran Fisika yang disampaikan oleh guru(2) Siswa dapat menerapkan dengan baik konsep Teori Kinetik Gas dalammenyelesaikan persoalan mengenai persamaan gas ideal. Sedangkan kondisi riilyang ada adalah (1) Siswa tidak dapat menyelesaikan persoalan mengenaipersamaan gas dengan konsep Teori Kinetik Gas karena karakteristik materi yangsulit untuk dipahami dengan banyaknya hukum, rumus serta konsep abstrakdidalamanya. (2) Guru dalam penyampaian materi di kelas hanya menggunakan carakonvensional saja sehingga siswa dianggap kurang memahami materi yangdisampaikan secara maksimal. (3) Penyampaian materi memakan waktu lama karenaguru hanya menggunakan buku paket dan papan tulis saja. Maka diperlukanpengembangan media CAI mata pelajaran fisika materi Teori Kinetik Gas.Tujuan penelitianini adalah (1) Mengetahui kelayakan media CAI Fisika yang dikembangkan. (2)Mengetahui keefektifan media CAI Fisika dalam pembelajaran.Model pengembanganyang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE ( analyze, design, development,implementation, evaluation ).Metode pengumpulan data menggunakan wawancarauntuk ahli dan angket untuk siswa pada uji coba produk untuk mengetahuikelayakan media serta menggunakan pre test dan post test untuk mengetahuikeefektifan media yang dihitung menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasilanalisis yang didapatkan melalui serangkaian proses validasi materi dan mediaserta uji coba pada siswa mendapatkan kategori kualifikasi sangat baik denganmelewati tahap revisi supaya media dinyatakan layak untuk dapat digunakan dalamkegiatan pembelajaran. Perhitungan menggunakan rumus uji t menghasilkan nilai thitung > t tabel (14,21 > 2,039 ) sehingga dapat dinyatakan bahwa mediaCAI TeoriKinetik Gas ini dapat dipergunakan dalam pembelajaran karena dinilai efektifuntuk digunakan dalam mata pelajaranfisika materi Teori Kinetik Gas di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Kata Kunci : Pengembangan, CAI, Fisika  

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya