DETAIL DOCUMENT
MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI STRATEGI MINDMAPPING MATERI PENCEMARAN UDARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DINY NARISTA AZIZAH (STUDENT ID : 16030654054)
(LECTURER ID : 0004097710)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:43:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan literasi sains dengan menggunakan strategipembelajaran mind mapping. Literasi sains pada penelitian ini merupakan aspek kompetensi ilmiah yang terdiridari indikator menjelaskan fenomena ilmiah,mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta menafsirkandata dan bukti secara ilmiah. Rancangan penelitian menggunakan one group pre-test post-test design. Teknikpengumpulan data yaitu dengan memberikan lembar tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknikanalisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain,dan uji t-tidak berpasangan.Peningkatan literasi sains di kelas VII G paling signifikan pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengananalisis n-gain rata-rata 0,87, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,83,dan padaindikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 0,56. Pada kelas VII H peningkatan paling signifikanjuga pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan analisis n-gain rata-rata 0,80, indikator mengevaluasidan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,73 dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar0,73. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa melalui strategi pembelajaran mind mapping materiPencemaran Udara mengalami peningkatan. Peningkatan yang paling signifikan pada indikator menjelaskanfenomena secara ilmiahKata Kunci: mind mapping,peningkatan dan literasi sains 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya