Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanyapengaruh dari kegiatan playworldterhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakandalam penelitian ini yaitu kuantitatif, menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis nonequivalent control group. Pada desain quasi experiment terdapat dua kelompok, yakni kelompok eksperimendan kelompok kontrol. Penentuansampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Yamane dan Slovin dengantaraf kesalahan 5%. Sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 36 anak usia 5-6tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi.Analisis data menggunakan statistik parametrik, uji T tidak berpasangan. Hasilpenelitian menunjukkan diperoleh nilai Sig. 0,035 sehingga mengakibatkan Hoditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa kegiatan playworld memiliki pengaruh yang cukup singnifikan terhadapkemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun.