DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pola Pembelajaran-Training dalam Teaching Factory Alfamart Class dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran pada Dua SMK di kabupaten Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ELY RISNAWATI (STUDENT ID : 16010714044)
(LECTURER ID : 0025127702)
Subject
Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2022-11-22 14:30:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh variabel pola pembelajaran-training dalam teachingfactory alfamart class dan motivasi belajar baik secara parsial maupunsimultan terhadap variabel prestasi belajar siswa pada dua SMK di kabupatenGresik yakni SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan SMK NU Gresik. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif guna menggambarkan ada tidaknya pengaruhvariabel pola pembelajaran-trainingdalam teaching factory alfamart class(X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primerdengan menyebarkan angket kepada 54 responden, dimana SMK YPI Darussalam 2Cerme sejumlah 21 orang dan SMK NU Gresik sejumlah 33 orang. Responden dalampenelitian ini adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian bisnis daring danpemasaran. Data yang telah diperoleh dan terkumpul kemudian diolah melaluiaplikasi SPSS for windows 25.0.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda, uji T atauuji parsial dan uji F atau uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class terhadap prestasi belajar siswadengan nilai signifikansi sebesar 0,000 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya