DETAIL DOCUMENT
MeningkatkanKemandirian Belajar Siswa melalui Metode BlendedLearning berbantuan Google Classroompada Materi Kesetimbangan Kimia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Hanifa Febriani (STUDENT ID : 17030194074)
(LECTURER ID : 0015076503)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:45:27 
Abstract :
Perkembangan pembelajaran abad 21 menuntut gurudan siswa mandiri dalam belajar dan mengembangkan keterampilannya, sehinggakemandirian belajar siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemandirian belajar siswa melalui blended learning berbantuan googleclassroom pada materi kesetimbangan kimia. Desain penelitian yang digunakanadalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XIIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Taman dengan jumlah siswa sebanyak 25. Instrumen penelitian yang digunakan yaitulembar observasi keterlaksanaan metode blendedlearning, lembar observasi aktivitas siswa, angket kemandirian belajar danangket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase, mean,n-gain, dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan blended learning terlaksana dengan baikdengan rata-ratapresentase pada tahap 1 sebesar 93,75%, tahap 2 sebesar 100% dan tahap 3sebesar 97,91%. 2) Persentase aktivitas siswa yang terlibat aktifdan relevan dengan penerapan blendedlearning sebesar 95%. 3) Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatanditinjau dari nilai n-gain yaitu 0,40 dengan kategori sedang. 4) Ada perbedaanyang signifikan pada kemandirian belajar antara sebelum dan sesudah diterapkan blended learning. 5) Siswa memberikanrespon positif sebesar 81,01% dengan kategori sangat baik terhadap penerapan blended learning pada materifaktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan kimia. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan blendedlearning efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya