Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
RAHMANIA SETYARINI (STUDENT ID : 15030184055)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:50:09
Abstract :
Strategi pembelajarankonflik kognitif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa akan dihadapkanpada situasi dimana siswa tersebut akan mengalami pertentangan dengan dirinyasendiri mengenai pengetahuan baru yang didapatkan dengan pengetahuan yang selamaini dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profilmiskonsepsi siswa pada materi gelombang bunyi serta menganalisis pengaruhpenerapan strategi pembelajaran konflik kognitif dalam mereduksi miskonsepsisiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-method explanatory sequential designdengan quasi-experimental design dan non-equivalent control group design.Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan tes diagnostik pilihanganda beralasan dengan CRI (Certainty ofResponse Index). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hampir semua siswa dikelas sampel mengalami miskonsepsi pada masing-masing sub konsep materigelombang bunyi. Setelah dilakukan pembelajaran, terjadi penurunan rata-ratamiskonsepsi siswa pada kelas kontrol sebesar 27.64% dan penurunan rata-ratamiskonsepsi siswa pada kelas eksperimen sebesar 39.90%. Hal ini menunjukkanbahwa penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif berpengaruh terhadappenurunan miskonsepsi siswa.Kata Kunci: Strategi Konflik Kognitif, Remediasi, Miskonsepsi,Gelombang Bunyi.