DETAIL DOCUMENT
TREN PEMBELAJARAN ARGUMENTASI BERBASIS TOULMIN'S ARGUMENT PATTERN (TAP) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DINA ELIANA (STUDENT ID : 16030184085)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:42:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran argumentasi berbasis Toulmins ArgumentPattern (TAP) dalam meningkatkan keterampilan argumentasi dan pemahaman konsep materi fisika. mengorganisasikan literarur yang akan direview; (2) Synthesize,yaitu menyatukan hasil organisasi literatur menjadi suatu ringkasan agarmenjadi literatur yang padu sesuai kata kunci yang diharapkan; (3) Identify,yaitu mengidentifikasi literatur untuk disimpulkan. Bedasarkan hasil situs Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) menunjukkan rata-ratapeserta didik sebelum pembelajaran berada pada argumentasi level 1 dan setelahpembelajaran berada pada argumentasi level 4. Sedangkan pada situs Scholars in Education Pattern (TAP). Salah satu kontribusipaling utama dalam analisis penelitian ini adalah peningkatan level kemampuanargumentasi ilmiah dengan level kemampuan argumentasi tertulis mengalamipeningkatan. Demikian juga pemahaman konsep peserta didik didukung peningkatankecakapan penalaran, pemberian bukti, dan penyelidikan sesuai indikator Toulmins Argument Pattern (TAP). Penelitianini diharapkan dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran materi fisikadikelas karena mampu memberikan penekanan terhadap argumentasi yang dibutuhkansaat ini.Kata Kunci : Toulmins Argument Pattern (TAP), KeterampilanArgumentasi, Pemahaman Konsep, Library Research 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya