DETAIL DOCUMENT
Profil Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
INDAH FATMAWATI bm (STUDENT ID : 12030174014)
(LECTURER ID : 0001107206)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:38:54 
Abstract :
Pada pembelajaran matematika tidak akan lepas dari memecahkan masalah. Memecahkan masalah adalahsuatu proses seseorang dalam upaya menemukan solusi atau permasalahanmatematika dengan menggunakan pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya.Dalam memecahkan suatu masalah tiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda.hal tersebut disebabkan karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi salahsatunya adalah tipe kepribadian. Setiap siswa memiliki tipe kepribadian yangberbeda-beda. Salah satu dari tipe kepribadian tersebut adalah tipe kepribadianmenurut Hippocrates-Galenus yang meliputi 4 macam tipe kepribadian yaitutipe kepribadian Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa SMP dalam memecahkan masalahmatematika yang berkepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis.Indikator pemecahan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah strategipemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian,melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Penelitianini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalampenelitian ini adalah empat orang siswa kelas VII-A dan VII-C di SMP Negeri 22Surabaya yang terdiri dari satu siswa berkepribadian sanguinis, satu siswaberkepribadian koleris, satu siswa berkepribadian melankolis dan satu siswaberkepribadian plegmatis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angketdengan memberikan angket tipe kepribadian Hippocrates-Galenusdan tes pemecahan masalah, serta metode wawancara. Data dianalisis berdasarkanaktifitas yang mungkin muncul di setiap langkah memecahkan masalah Polya. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkepribadian sanguinis dalam memahamimasalah membaca soal sebanyak 2 kali dan mampu menjelaskan dan menuliskansecara lengkap, pada tahap membuat rencana penyelesaian dan melaksanakanrencana penyelesaian dengan baik hanya saja melewatkan satu tahapan polya yaitupada tahap memeriksa kembali. Siswa berkepribadian koleris dalam memecahkanmasalah perlu memahami soal dengan cara membacanya sebanyak tiga kali, tidakmemiliki rencana penyelesaian yang matang, hanya ingin segera melaksanakan ataumenyelesaikan soal yang diterima dan melewatkan tahapan memeriksa kembali.Subjek melankolis dalam memecahkan masalah tidak melewatkan satupun langkahpemecahan masalah polya, subjek melankolis dalam memahamai soal membacanyahingga empat kali, dalam membuat rencana penyelesaian subjek melankolis mampumemunculkan cara yang berbeda dengan subjek yang lainnya, dan dalammelaksanakan rencana penyelesaian subjek melankolis menyelesaiakan denganjawaban yang tepat dan tidak melewatkan tahap memeriksa kembali untu memastikanbahwa jawabannya benar. Subjek plegmatis dalam memahami masalah membaca soallebih dari satu kali. Hanya saja pada tahap membuat rencana penyelesaian subjekplegmatis tidak dapat menjelaskan dengan runtut dan pada tahap melaksanakanrencana penyelesaian subjek plegmatis masih banyak melakukan kesalahan karenatidak teliti dan pada tahap memeriksa kembali subjek plegmatis tidakmelaksanakannya. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya