Abstract :
Artikel ini memuat penelitiantentang strategi yang siswa lakukan ketika membaca bacaan dalam bahasa inggris.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan antarastrategi membaca metakognitif siswa dengan tingkat dasar, menengah dan ataskemampuan bahasa Inggris (2) untuk mengetahui perbedaan stategi membaca metakognitif siswa antara siswalaki-laki dan perempuan. Subjek peneltian ini adalah kelas 2 SMP. Sampel penelitian diantaranya 25 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuandidalam kelas yang berbeda dan guru yang berbeda. Penelitianini menggunakan ex post facto penelitian untuk mengkorelasikan tingkatkemampuan bahasa Inggris siswa dan perbedaan gender dengan kesadaran metakognisi.Data penelitian dikumpulkan menggunakan nilai formatif bahasa inggris siswa dikelas dan tes MARSI. Peneliti juga memakai wawancara kepada siswa untukmenyempurnakan data penelitian. Penelitian ini menggunakan one way ANOVA analisisuntuk menganalisis level kemampuan bahasa inggris dan juga memakai independen sampel t-test analisis untuk mengkomparasidata perbedaan gender dikesadaran metakognisi dalamstrategi membaca. Kesimpulannya, tidak adaperbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan dalam menggunakan strategimetakognisi didalam perbedaan tingkatan pemahaman bahasa Inggris.Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Strategi Membaca, Membaca, MARSI