DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMKN 1 BUDURAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
OKI AYUNAWATI FATMAYA (STUDENT ID : 14050404003)
(LECTURER ID : 0031075702)
Subject
Teknik 
Datestamp
2022-12-23 14:39:25 
Abstract :
ABSTRAK Perkembangan IPTEK yang semakinmaju menuntut seorang guru untuk mengikuti perkembangan tegnologi danmemanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkandeskripsi mengenai kevalidan Media pembelajaran telegram serta mengetahui pengaruh pada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama.Denganmembuat media pembelajaran berupa aplikasi android berupa telegram siswadiharapkan dapat belajar secara mandiri. Metode yang digunakanidalamepenelitianumenggunakanemodel R&D denganrancangan penelitian ADDIE yaitu tahap analysis, design (perancangan),development (pembuatan) , implementasi, dan evaluasi. Hasilapenelitian menunjukanobahwa mediakpembelajaranoberupa aplikasi androidberupa telegram berdasarkan hasil kevalidan oleh ahli media mendapatkanpresentase 95% dengan kategori sangat valid, ahli materi menilai sangat valid denganpresentase 85%,sedangkan untukhasil belajar dari 30 siswa memiliki presentase total 93,33% Sehinggaberdasarkan prosentase pencapaian nilai tersebut termasuk pada interpretasi 81%-100%. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan aplikasi telegramberpengaruh terhadapa hasil belajar siswa kelas XI Tata busana SMKN 1 Buduranpada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama pada busana.KataKunci:Penerapan media Pembelajaran,Telegram, Mengidentifikasi jenisbahan utama. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya