Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Uswatun Hasanah (STUDENT ID : 15030204038)
(LECTURER ID : 0022116702)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:38:58
Abstract :
ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATANSISWA BERBASIS PENDEKATAN SALINGTEMAS PADA MATERI JAMUR UNTUK MELATIHKANKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA Nama : Uswatun HasanahNIM : 15030204038Program Studi : S-1 Pendidikan BiologiJurusan :BiologiFakultas : Matematika dan IlmuPengetahuan AlamNama Lembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dra. Isnawati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKSberbasis pendekatan salingtemas pada materi jamur yang valid, praktis sertaefektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model 4-D,namun pada tahap disaminate tidak dilakukan. Parameter penelitian penelitianyang diukur meliputi validitas LKS yang diperoleh dari penilaian validatoryaitu 2 dosen Biologi dan 1 guru Biologi SMA Negeri 1 Menganti Gresik.Kepraktisan LKS ditinjau berdasarkan keterlaksanaan penggunaan LKS dalampembelajaran, keefektifan LKS ditinjau dari hasil belajar siswa, keterampilanberpikir kritis siswa dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Kegiatanpengembangan dilaksanakan di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya.Uji coba terbatas pada 16 siswa kelas X MIA 2 di SMAN 1 Menganti. Data yangdiperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakanvaliditas LKS sebesar 3,40 dengan kategori valid, kepraktisan LKS ditinjau darirata-rata keterlaksanaan LKS 1 dan LKS 2 sebesar 94,01% (sangat praktis),kefektifan LKS ditinjau dari hasil belajar siswa sebesar 87,5% (tuntas),keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari hasil tes kognitif 71,84(baik), serta respon siswa sebesar 88,60 (positif). Dengan demikian LKSberbasis pendekatan salingtemas dinyatakan layak untuk digunakan dalampembelajaran. . Kata kunci:Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS),Salingtemas, Keterampilan berpikir kritis, Jamur.