DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA ELEMEN DASAR FASHION DESAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK YPM 2 TAMAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ALIFIA MUTIARA NADYA (STUDENT ID : 18050404008)
(LECTURER ID : 0031075702)
Subject
Teknik 
Datestamp
2023-09-03 17:11:52 
Abstract :
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai tempat untuk memberi dan menerima ilmu. Salah satunya ialah SMK YPM 2 Taman Sidoarjo yang memiliki visi menjadi lembaga pendidikan yang islami, harmonis, professional, dan prestasi nasional berdasarkan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menerapkan media video pembelajaran dan mengetahui hasil belajar peserta didik pada setelah menerapkan media video pembelajaran di SMK YPM 2 Taman Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen (Pre Eksperimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah one- shot case study, yaitu hanya melakukan satu kali treatment dan diperkirakan sudah mempunyai pengaruh untuk dilakukan post test. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x tata busana SMK YPM 2 Taman Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari persentase skor hasil observasi aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif berupa pemaparan data dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa kelas X tata busana dalam pembelajaran menggunakan media video memperoleh skor 83% yang dikategorikan baik dan hasil belajar siswa setelah diterapkan media video pembelajaran memperoleh persentase ketuntasan klasikal 92,8% dengan kriteria 39 siswa tuntas dalam belajar yang dapat dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dinyatakan bahwa media video pembelajaran sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya