Abstract :
Program PAUDholistik integratif sangat penting untuk tumbuh kembang anak usia dini, sepertiaspek pendidikan yang berkualitas baik dapat membantu mengembangkan semualingkup perkembangan anak. Namun, jika pendidikan yang diberikan tidakberkualitas maka semua lingkup perkembangan anak tidak dapat berkembang secaraoptimal. Tidak hanya aspek pendidikan saja, tetapi aspek kesehatan dan gizianak harus diperhatikan. Apabila aspek kesehatan dan gizi yang diterima anak tidakoptimal, maka kemampuan kognitif anak tidak berkembang dengan baik, karenakesehatan dan gizi anak sangat penting dan dapat mempengaruhi tinggi rendahnyakemampuan anak. Tujuan pelaksanaan PAUD holistik integratif adalah sebagaiupayah pengembangan anak untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragamdan saling terkait secara simultan, sistematis,dan terintegratif. Selain itu,pemenuhan tumbuh kembang anak dilakukan secara menyeluruh dengan harapan anakdapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembanganserta anak dapat menjadi manusia yang berkualitas. Kenyataan yang ada dilapangan masih banyak lembaga PAUD yang belum memprogram PAUD holistikintegratif di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipelaksanaan program PAUD holistik integratif dalam mengoptimalkan tumbuhkembang anak di TK Batik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanmodel Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program PAUD holistikintegratif dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak di TK Batik Sidoarjo sudahbaik dan memenuhi standar pelaksanaan program PAUD holistik integratif yang didirikan oleh pemerintah, serta hasil tumbuh kembang anak memenuhi standar WHO (World Healh Organization.Katakunci: holistik,integratif, tumbuh kembang