Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
mohammad imam sholahuddin (STUDENT ID : 17030184080)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:45:08
Abstract :
Apersepsi guru dalam mengembangkan pembelajaran diperlukan untuk membantu siswa lebih mudah menangkap informasi dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan kearifan lokal lingkungan sekitar atau yang biasa dikenal dengan istilah etnosains. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya lokalnya di setiap daerah. Oleh karena itu, penting bagi generasi penerus bangsa untuk menjaga dan melestarikan apa yang sudah ada, misalnya dengan mengaitkan budaya lokal dengan materi pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi konsep fisika apa saja yang ada dalam permainan tradisional kolecer yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika dan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah Narrative Review. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya potensi penerapan konsep fisika terhadap kearifan lokal (etnosains) dalam permainan tradisional kolecer, konsep fisika tersebut pada materi kesetimbangan, tekanan, hukum pertama dan hukum kedua Newton, Usaha dan energi, energi kinetik, dan gerak melingkar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat membantu siswa dengan mudah memahami materi yang diberikan guru dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, khususnya tentang kearifan lokal pada permainan tradisional kolecer.