Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
KIKI LUTFIAH ARIZAH (STUDENT ID : 19030184084)
(LECTURER ID : 0014127603)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2023-09-01 01:23:00
Abstract :
Literasi sains merupakankemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menganalisis danmenerapkan konsep fisika dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan darilembar kerja berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan literasisains pada materi pemanasan global yang dikembangkan. Metode yang digunakanadalah metode Research & Development (R&D)dengan model ADDIE (Analyze, Design,Development, Implementation, Evaluation). Kelebihan lembar kerja yangdikembangkan adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalahyang berisikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan melatihkanindikator literasi sains PISA 2025. Kekurangannya adalah lembar kerjabelum bisa diakses secara digital. Berdasarkan kevalidan lembar kerja yangdinilai dari kedua aspek isi dan konstruksi didapat rata-rata total dari tigavalidator sebesar 88,06%. Hasil kepraktisan lembar kerja ditinjau dariketerlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 94,73%, dan angket respon persentase rata-ratasebesar 90,76% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan lembar kerja yangdikembangkan praktis digunakan peserta didik. Hasil peningkatan menunjukkan N-gain0,60 yang berarti terjadi peningkatan kemampuan literasi sains pada pesertadidik dan hasil keefektifan menyatakan kurang efektif dengan persentase sebesar41,18%.Dapat disimpulkan lembar kerja yang dikembangkan layak digunakan. Dampak daripenelitian yang dilakukan ini adalah kemampuan literasi peserta didikmeningkat, dan menghasilkan bahan ajar yang sesuai indikator literasi sainsPISA 2025 dan digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, manfaatpenelitian adalah kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan pengembanganlembar kerja maupun kepentingan ilmu pengetahuan.Kata kunci:Lembar Kerja, Berbasis Masalah, Literasi Sains