DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran InkuiriTerbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik PadaMateri Laju Reaksi Kelas XI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MILA MEITA SARI (STUDENT ID : 18030194070)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:49:33 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengantujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) aktivitaspeserta didik; (3) keterampilan berpikir kritis dan (4) respon siswa. Jenispenelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimen dengan rancangan One GroupPretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu selurug pesertadidik kelas XI MIPA SMAN 1 Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022 dengankelas XI MIPA 6 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaanmodel pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaanpada pertemuan pertama dan kedua sebesar 96,09% dan 98,83%. (2) Aktivitaspeserta didik sangat baik dan mendukung keefektifan model pembelajaran dengandiperoleh persentase pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 97,9 % dan 98,7 %.(3) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dari perolehan N Gain score yaitu 87,10 % siswamengalami peningkatan dalam kategori tinggi dan 12,90 % siswa dalam kategorisedang serta diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar87,10%. (4) Respon siswaterhadap model pembelajaran yang telah diterapkan sangat baik dengan persentasesebesar 90,37%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiriterbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelasXI pada materi laju reaksi.Kata kunci :Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya