Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MILA MEITA SARI (STUDENT ID : 18030194070)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:49:33
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengantujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) aktivitaspeserta didik; (3) keterampilan berpikir kritis dan (4) respon siswa. Jenispenelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimen dengan rancangan One GroupPretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu selurug pesertadidik kelas XI MIPA SMAN 1 Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022 dengankelas XI MIPA 6 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaanmodel pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaanpada pertemuan pertama dan kedua sebesar 96,09% dan 98,83%. (2) Aktivitaspeserta didik sangat baik dan mendukung keefektifan model pembelajaran dengandiperoleh persentase pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 97,9 % dan 98,7 %.(3) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dari perolehan N Gain score yaitu 87,10 % siswamengalami peningkatan dalam kategori tinggi dan 12,90 % siswa dalam kategorisedang serta diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar87,10%. (4) Respon siswaterhadap model pembelajaran yang telah diterapkan sangat baik dengan persentasesebesar 90,37%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiriterbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelasXI pada materi laju reaksi.Kata kunci :Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi