DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, SELF EFFICACY, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
MOHAJI PRIANGGITA (STUDENT ID : 16080554028)
(LECTURER ID : 0012017905)
Subject
Ekonomi 
Datestamp
2022-12-23 14:43:07 
Abstract :
Hasil pengamatan yang dilakukan di SMAN 1 Mejayan menunjukkan dalam empat tahun terakhir berturut-turut hanya 41% lulusan melanjutkan studi ke universitas. Hal ini juga menunjukkan bahwa tujuan utama lulusan SMAN 1 Mejayan belum tercapai secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh sosial ekonomi orang tua, self efficacyi, motivasi, dan prestasi akademik terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Populasi adalah siswa IPS di SMAN 1 Mejayan. Sampel berjumlah 68 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial ekonomi orang tua, efikasi diri, motivasi, dan variabel prestasi akademik memiliki efek positif dan signifikan baik secara parsial dan simultan pada minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Berdasarkan koefisien determinasi, variabel sosial ekonomi, self efficacy, motivasi, dan prestasi akademik memberikan kontribusi 59,10% terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya